Sabtu, 04 Mei 2019

6 Destinasi Wisata Favorit di Kamboja

Sesudah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, serta Vietnam, saat ini kita ke arah ke Kamboja.



Kamboja (Kingdom of Cambodia / Kampuchea) salah satu negara Asia Tenggara yang terdapat di Semenanjung Indocina. Negara ini bersebelahan dengan Laos di samping utara, dengan Thailand di samping barat, dengan Teluk Thailand di samping selatan, serta dengan Vietnam di samping timur. Kamboja pertama-tama dibuat oleh Kerajaan Khmer pada tahun 802 dengan nama Kambuja. Daerah Kamboja sudah sempat dikuasai oleh Kerajaan Ayutthaya (Thailand). Sesudah itu, negara ini alami seringkali perang sampai pada akhirnya jadi negara yang berdalat penuh pada tahun 1993. Ibu kota negara Kamboja terdapat di Phnom Penh. Bahasa sah yang dipakai oleh masyarakat ialah Bahasa Khmer serta mata uang resminya ialah Cambodien Riel (KHR). Lapangan terbang internasional penting di negara ini ialah Siem Reap-Angkor Airport serta Phnom Penh Airport.

Apa tujuan wisata yang seringkali didatangi oleh beberapa traveler di Kamboja? Tersebut 6 salah satunya:

1. Siem Reap
Siem Reap - photo oleh Sam Garza Tujuan wisata pertama ialah Siem Reap, yang adalah ibu kota Propinsi Siem Reap. Siem Reap adalah pintu gerbang ke arah ke region Angkor, satu diantara arah wisata popular yang adalah UNESCO World Heritage Site. Dengan geografis, Siem Reap terdapat di selama Sungai Siem Reap, daerah barat-laut Kamboja. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 230 ribu jiwa pada tahun 2008. Menurut riwayat, nama Siem Reap dalam Bahasa Khmer bermakna “Penaklukan Siam”, yang mengacu pada kesuksesan Kerajaan Khmer mengalahkan Kerajaan Siam, satu diantara kerajaan yang sempat mengusai daerah Thailand. Siem Reap pada awalannya hanya satu desa kecil sampai puing-puing Angkor Wat diketemukan pada era ke-19. Tidak hanya Angkor Wat, tempat wisata yang lain di Siem Reap diantaranya Angkor Thom, War Museum Cambodia, Angkor National Museum, serta Psah Chas (Old Market).

Siem Reap bisa dibuka dari semua kota besar di Asia lewat Siem Reap-Angkor International Airport, yang adalah lapangan terbang paling besar di Kamboja. Dari Phnom Penh, Siem Reap dapat dibuka dengan bis atau perahu. Serta dari Bangkok, Siem Reap dapat dibuka dengan minibus ke arah Poipet, atau mungkin dengan train dari Aryanyaphrathet Station ke arah ke perbatasan Thailand – Kamboja, lalu diteruskan dengan minibus ke arah ke Siem Reap.



2. Phnom Penh
Phnom Penh - photo oleh Arnaud-Victor Monteux Tujuan wisata ke-2 ialah Phnom Penh, ibu kota sekaligus juga kota paling besar di negara Kamboja. Dengan geografis, Phnom Penh terdapat di pinggir Danau Tonlé Sap serta Sungai Mekong, daerah selatan Kamboja. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 1,5 juta jiwa pada tahun 2012. Nama Phnom Penh bermakna Bukit Penh yang mengacu pada Wat Phnom yang ada di daerah kota ini. Pada saat Kolonial Prancis, kota ini dikasih julukan jadi Pearl of Asia sebab keindahannya. Phnom Penh dengan Siem Reap serta Sihanoukville adalah 3 arah wisata penting di Kamboja. Landmark serta tempat wisata penting di kota ini diantaranya Wat Phnom, Tuol Seng Genocide Museum, Choung Ek Genocide Center, National Museum of Cambodia, Royal Palace serta Silver Pagoda, Hotel Le Royal, serta Phsar Thom Thmei. Dari kota-kota lain di Asia, Phnom Penh dapat dibuka dengan airplane lewat lapangan terbang Phnom Penh International Airport yang terdapat di Pochentong.

Baca juga : taman wisata selecta kota batu dan deskripsicoban rondo

3. Sihanoukville
Koh Rong, Sihanoukville Sihanoukville (Krong Preah Sihanouk), dikenal juga dengan nama Kompong Som, ialah ibu kota Propinsi Sihanoukville, sekaligus juga adalah satu diantara kota wisata penting di Kamboja. Dengan geografis, Sihanoukville terdapat di ujung semenanjung, daerah barat-daya Kamboja, di pinggir Teluk Thailand. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 89 ribu jiwa pada tahun 2008. Berlainan dengan Siem Reap serta Phnom Penh yang terdapat di dalam daratan, Sihanoukville terdapat di pinggir pantai, dan adalah kota wisata pantai penting di Kamboja. Beberapa pantai penting di kota ini diantaranya Occheuteal Beach, Serendipity Beach, Otres Beach, Sokha Beach, serta Independence Beach. Tidak hanya pantai, di daerah kota ini ada banyak pulau yang adalah tempat wisata favorite beberapa pelancong seperti Koh Rong, Koh Rong Sanloem, Koh Kaong Kang, Koh Tuich, serta Koh Pos. Dari Siem Reap serta Pnom Penh, Sihanoukville bisa diraih dengan memakai bis.

4. Battambang
Battambang - photo oleh Milei.vencel Tujuan wisata ke empat ialah Battambang (Krong Battambang), yang adalah ibu kota Propinsi Battambang. Dengan geografis, Battambang terdapat di selama Sungai Sangkae, daerah barat-laut Kamboja. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 144 ribu jiwa pada tahun 2008. Battambang pertama-tama dibuat pada era ke-11 oleh Kerajaan Khmer. Pada tahun 1795 sampai 1907, kota ini dikuasai oleh Kerajaan Siam. Serta sekarang ini, Battambang adalah pusat transportasi penting yang menyambungkan Kamboja serta Thailand. Landmark serta tempat wisata penting di kota ini diantaranya Danau Kamping Puoy, Wat Peapahd, Wat Ek Phnom, Prasat Banan, Prasat Snung, Phnom Sampov, serta Sek Sak Resort. Dari Siem Reap serta Bangkok, Battambang dapat diraih dengan memakai bis.

5. Tonlé Sap
Tonle Sap Tujuan wisata ke lima ialah Tonlé Sap (Great Lake), satu danau yang terdapat di Propinsi Siem Reap serta Propinsi Battambang. Dengan geografis, Tonlé Sap terdapat di Sungai Mekong, daerah selatan Kamboja. Sungai Siem Reap, yang mengalir lewat kota Siem Reap, bersumber di danau ini. Dari danau ini, mengalir satu sungai yang bernama Sungai Tonlé Sap, yang menyambungkan Danau Tonlé Sap dengan Sungai Mekong. Sungai Tonlé Sap itu mempunyai panjang 120 km. Jumlahnya masyarakat yang bertempat di seputar danau ini seputar 1,2 juta jiwa. Mereka umunya bermata-pencaharian jadi nelayan. Beberapa salah satunya ialah etnis Cham serta Vietnam yang berada tinggal diatas perahu-perahu. Danau Tonlé Sap adalah habitat asli beberapa spesies endemik, termasuk juga beberapa spesies hewan yang hampir punah. Yang populer ialah Mekong giant catfish, spesies ikan air tawar yang mempunyai panjang sampai 3 meter.

6. Kampong Cham
Kampong Cham - photo oleh James Antrobus Tujuan wisata ke enam ialah Kampong Cham, yang adalah ibu kota Propinsi Kampong Cham. Dengan geografis, Kampong Cham terdapat di pinggir barat Sungai Mekong, daerah timur Kamboja. Dari Phnom Penh, Kampong Cham berjarak seputar 124 km di samping barat-laut. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 118 ribu jiwa pada tahun 2008. Dari Phnom Penh, Kampong Cham dapat diraih dengan memakai perahu telusuri Sungai Mekong, atau juga bisa memakai mobil lewat jalan darat. Di Kampong Cham ada jembatan Kizuna, yang menyambungkan kota ini dengan Propinsi Tbong Khmum, yang terdapat di pinggir timur Sungai Mekong. Jembatan itu adalah jembatan pertama yang melewati Sungai Mekong di daerah Kamboja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar