Kamis, 02 Mei 2019

Kamboja merupakan negara tetangga kita yang berada sama seperti kita sebagai negara Asia Tenggara dan termasuk ASEAN. Negara ini berbatasan langsung dengan Laos, Vietnam dan Thailand. Baca artikel lengkapnya disini.

Kamboja adalah negara tetangga kita yang ada sama dengan kita jadi negara Asia Tenggara serta termasuk juga ASEAN. Negara ini bersebelahan langsung dengan Laos, Vietnam serta Thailand. Oleh karenanya, untuk sampai ke Kamboja kita harus transit terlebih dulu di satu diantara negara antara Kuala Lumpur atau Bangkok. Keseluruhan lamanya perjalanan dari Jakarta ke Kamboja kira-kira 4 jam, tanpa ada kita mengkalkulasi lamanya waktu transit kita. Ibu kota kamboja ialah Phnom Penh. Bentuk pemerintahan negara Kamboja ialah kerajaan. Negara di pimpin oleh raja, sedang kepala pemerintahannya ialah perdana mentri. Kamboja mempunyai lima pemerintahan lokal dengan ibu kota Phnom Penh. Serta di Kamboja memakai bahasa Khmer. Di bawah ini 5 obyek wisata penting yang harus didatangi di Kamboja :



1. Angkor Wat

Kuil ini adalah obyek wisata yang populer di Kamboja. Sebagian besar pelancong yang hadir ke Kamboja untuk berkunjung ke Angkor Wat yang penuh dengan riwayat. Angkor Wat terdapat di kota Siem Riep yang berjarak seputar 350 km dari Phonm Penh. Angkor Wat adalah satu kuil Hindu yang dibangun pada era ke 12. Angkor wat sendiri mempunyai luas kira-kira 400 km2 serta terdiri dari beberapa ratus kuil serta Angkor wat ialah kuil paling besar yang di punya Kamboja. Untuk berkeliling-keliling kuil ini memerlukan kira-kira seputar 4 jam, karena untuk masuk kuil ini, pelancong harus berjalan melalui satu jembatan panjang, yang adalah hanya satu akses pintu masuk ke kuil.


Bila mempunyai waktu lebih, anda dapat berkunjung ke kuil-kuil lain di lokasi Angkor, seperti Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, Ta Keo serta Ta Phrom. Kuil Ta Phrom demikian unik, karena kuil-kuilnya banyak yang ’dililit’ oleh pohon-pohon besar, serta terakhir kuil ini jadi demikian populer karena sempat jadikan tempat syuting artis Angelina Jolie dalam film Tom Raider.




2. Istana Raja serta Silver Pagoda


Arah wisata yang lain di Kamboja ialah Istana Raja Kamboja yang terdapat di Kota Phnom Penh. Istana Raja ini demikian menarik karena tidak hanya bangunannya yang indah serta berupa ciri khas Kamboja. Serta masih di tempat Istana Raja, kita dapat berkunjung ke Silver Pagoda. Silver Pagoda terdapat disamping samping selatan istana. Awalnya, bangunan ini diketahui jadi Wat Preah Keo. Dimaksud Silver Pagoda karena lantainya dilapis oleh lebih dari 5.000 ubin memiliki bahan perak serta masing – masing ubin mempunyai berat 1 kg.


Anak tangga untuk ke arah ke Silver Pagoda dibikin dari marmer yang spesial dihadirkan dari Italia. Di bangunan ini ada patung Budha yang terbuat dari emas serta dihiasi dengan 9.584 berlian 25 karat dengan berat 90 kg. Bangunan ini adalah tempat beribadah sah buat Raja Kamboja.



Bila berkunjung ke istana serta Silver Pagoda, dianjurkan untuk pergi pagi (membuka mulai jam 8 pagi), karena pada jam 11 – 2 siang, komplek istana ditutup buat pelancong karena Raja direncanakan membuat acara serta terima tamu-tamu kenegaraan pada jam itu. Istana akan kembali dibuka pada jam 2 siang.



3. Tuol Sleng Genocide Museum serta Killing Field


Masih di Phnom Penh, tempat wisata kesempatan ini ialah Tuol Sleng Genocide Museum. Pada intinya museum ini ialah satu bangunan sekolah SMA yang pada waktu kekuasaan Pol Pot jadikan jadi penjara serta tempat penyiksaan. Antara 1975 – 1978, lebih dari 17rb orang sempat masuk serta disiksa dalam tempat ini dan dibawa ke tempat pembantaian (killing field) di Choeung Ek yang terdapat di seputar 30 menit perjalanan dari Phnom Penh.

Di Killing Field, dapat disaksikan bekas-bekas

kekejaman Pol Pot lewat satu audio tur. Dalam tempat ini sekitar 8000 tengkorak dipajang dibalik almari kaca untuk kembali kenang begitu banyak korban pada waktu singkat kepemimpinan Khmer Merah. di sini diketemukan 129 kuburan masala, dimana sampai sekarang ini 43 salah satunya belum juga digali serta masih dilewatkan seperti apa yang ada.

4. Thmey Market

Buat yang senang berbelanja, Thmey Market adalah pasar yang harus didatangi. Di sini di jual beberapa jenis barang, mulai baju, bermacam macam souvenir untuk oleh-oleh, batu-batu mulia, sampai buah dan sayur dapat juga didapati. Batu mulia adalah hasil tambang jagoan kerajaan Kamboja.

5. Sihanoukville


Sihanoukville atau yang dikenal juga dengan Kompong Som dapat disebutkan jadi “Bali” nya Kerajaan Kamboja. Wisata penting kota yang terdapat seputar 4 jam perjalanan dari Phnom Penh ini ialah berbentuk pantai serta pasir putih yang membentang di sekelilingnya. Ada banyak pantai sekaligus juga yang dapat didatangi di kota ini, yakni Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach serta Otres Beach. Semasing pantai tawarkan panorama yang berlainan. Situasinya yang masih alami serta cukuplah dekat dari Phnom Penh, membuat kota ini jadi tempat liburan yang cukuplah menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar